;

Tuesday 13 March 2012

Jaringan Fundamental Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer dengan komunikasi antara komputer satu dengan lainnya melalui media. Media komunikasi bisa melalui gelombang radio, kabel, inframerah, serat optik dll
Jaringan komputer merupakan bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari, dengan alasan yang paling penting adalah komunikasi. Penggunaan jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya seperti mesin faks, printer, modem, file dll, dan penggunaan lainnya. Perusahaan database server, komputer server, email, chatting, internet dll komputer yang sumber dayanya melekat disebut server dan komputer lain yang mengakses sumber dayanya disebut klien.
Berbagi mesin fax, printer, dan modem di antara banyak komputer dan pengguna mengurangi biaya operasional. Sebuah database pada jaringan komputer adalah aplikasi yang sangat penting karena menyimpan dan menjalankan data penting  dan datan pekerjaan. Email dan chatting dapat digunakan untuk komunikasi seketika dan pengiriman file pada jaringan komputer.

Jaringan komputer diklasifikasikan, tergantung pada ukuran, sebagai Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), Metropolitan Area Networks (MAN) dan Jaringan Personal Area (PAN). Topologi (Topologi adalah cara jaringan komputer dan sumber daya jaringan yang terhubung) jaringan dapat diklasifikasikan sebagai Jaringan Bus, Jaringan Ring dan Jaringan Star.
Perangkat keras jaringan pada dasarnya terdiri dari kabel, kartu jaringan dan hub. Komputer kartu jaringan yang diperlukan adalah agar satu komputer dapat memahami komputer lain. Kartu jaringan memiliki alamat MAC yang unik untuk mengidentifikasi komputer pada jaringan komputer. Pusat menghubungkan semua komputer dalam jaringan. Pusat juga dapat digunakan untuk terhubung ke pusat lain untuk meningkatkan ukuran jaringan komputer. Dua komputer dapat dihubungkan dengan menggunakan kartu Ethernet atau saluran telepon atau kabel listrik untuk komunikasi, dengan alat perangkat keras yang tersedia dengan biaya sekitar $ 100.
Karena jumlah komputer di kantor atau komputer rumah meningkat, begitu juga jumlah kabel, jaringan nirkabel sehingga merupakan solusi yang layak. Dalam transreceivers radio jaringan nirkabel atau sinyal inframerah digunakan untuk berkomunikasi antara komputer dan perangkat. Contoh jaringan nirkabel termasuk Wi-fi dan teknologi Bluetooth, meskipun mungkin ada masalah keamanan yang terlibat dalam jaringan nirkabel. Namun pastinya adalah ada preferensi (pilihan) kuat terhadap jaringan nirkabel saat ini di kalangan konsumen.
Jaringan komputer telah menambahkan dimensi baru pada abad 21. Hari ini dunia cyber jauh lebih cepat dan lebih luas dari dunia nyata. Semua ini sudah dimungkinkan karena jaringan komputer. Jaringan komputer telah merevolusi bisnis, komunikasi, perjalanan, penelitian, pertahanan, masyarakat dan hampir semua usaha manusia. Evolusi jaringan komputer telah membantu revolusi teknologi mengambil langkah besar ke depan.

'); customSearchControl.draw('content'); customSearchControl.execute(' komputer dan internet ');} google.setOnLoadCallback(OnLoad);
Loading...

0 comments:

Post a Comment